Informasi Wisata

Wisata Alam (Nature Wonders)

Danau Toba
Meliputi 7 kabupaten di Sumatera Utara (Simalungun, Toba Samosir, Samosir, Tapanuli Utara, Dairi, Karo, dan Humbang Hasundutan).

Danau Toba adalah icon dari Provinsi Sumatera Utara. Danau seluas 100 km ini adalah danau vulkanis terbesar di dunia, dan masih menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Utara. Lingkungan danau yang asri dan dikelilingi bukit-bukit menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan menghabiskan waktu bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, ketika mereka berkunjung ke Sumatera Utara.

Bukit Lawang
Desa Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat – 20852.

Taman Nasional Bukit Lawang adalah destinasi terbaik bagi para wisatawan yang hendak merasakan petualangan alam liar di Sumatera Utara. Di lokasi ini, dapat di jumpai berbagai flora dan fauna endemik dari Sumatera Utara yang masih hidup secara liar dan alamiah. Satwa yang menarik di lokasi ini adalah Orang Utan Sumatera yang langka dan popular di dunia internasional.

Pantai Natal
Jl. Pantai Barat, Kelurahan Buburan, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal – 22987.

Pantai Natal adalah salah satu pantai yang terletak di pesisir barat Provinsi Sumatera Utara. Di pantai ini, pejuang Indonesia Douewess Dekker atau Multatuli pernah tinggal dan menetap pada zaman penjajahan Belanda. Pantai mempesona di Kabupaten Mandailing Natal ini menjadi pusat perhatian wisatawan domestik maupun Internasional, pada saat diselenggarahkan Festival pantai  Natal setiap tahunnya.

Taman Simalem Resort
Jl. Sidikalang, Kodon-kodon, Merek, Kabupaten Karo – 22173.

Taman Simalem Resort adalah salah satu spot yang terbaik untuk menimakti alam pengunungan di Sumatera Utara. Dengan luas wilayah lebih dari 200 bektar, Taman Simalem Resort menawarkan berbagai atraksi  menarik di tengah hijaunya pepohonan dan sejuknya udara pengunungan  Kabupaten Karo.

Air Terjun Sipiso-piso
Tongging, Merek, Kabupaten Karo – 22173.

Di Provinsi Sumatera Utara, terdapat air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Sipiso-piso terletak di Kabupaten Karo dan memiliki tinggi 120 meter, terletak di antara hampara hutan luas menghijau dan sawah-sawah yang asri serta indah. Selain melihat air terjun, wisatawan dapat menimakti pemandangan Danau Toba yang memukau di lokasi ini.

Air Terju Simbilulu
Desa Pongi, Kecamatan Tianada, Kabupaten Pakpak Bharat – 22272.

Dari kabupaten Pakpak Bharat, terdapat lagi air terjun yang menjadi destinasi wisata yang menawan. Air Terjun Simbililulu adalah air terjun kembar yang menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak masyarakat dan wisatawan yang bermain  air  kolam bagian bawah air terjun ini.

Pantai Sorake
Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Pantai Sorake adalah pantai pasir putih mempesona yang sangat popular dijadikan lokasi olah raga air oleh masyarakat internasional. Deburan ombak laut biru di pantai ini sangatlah populer menjadi lokasi tempat berlangsung kejuaraan selancar kelas dunia.

Pantai Cermin Theme Park
Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai – 20987.

Di Sisi Timur Pulau Sumatera Utara, terdapat sebuah pantai indah yang menghadap langsung ke selat malaka bernama pantai cermin. Di pantai ini, terdapat sebuah theme park yang lengkap dengan atraksi wisata menarik bagi keluarga untuk bermain dan bersantai selama kunjungan mereka.

Pulau Berhala
Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Berdagai – 20996.

Pulau Berhala adalah salah satu pulau terluar yang berada di teritori Republik Indonesia. Di pulau ini, wisatawan dapat mengunjungi penangkaran penyu laut yang sudah mulai langka.

Taman Iman Sitinjo
Desa Sitinjo, Parbuluan, Kabupaten Dairi – 22219.

Desa Sitinjo adalah desa wisata alam yang menarik untuk di kunjungi wisatawan Sumatera Utara. Salah satu destinasi utama di desa ini adalah Taman Iman Sitinjo. Di taman, para wisatawan dapat menemukan berbagai rumah ibadah semua agama yang ada di Indonesia, Sebagai salah satu bentuk toleransi umat beragama di Provinsi Sumatera Utara.

Parapat
Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun – 21174.

Sebagai lokasi utama penyebrangan menuju pulau Samosir, Parapat adalah wilayah yang tepat berada di tepi Danau Toba. Wisatawan yang berkesempatan untuk mengunjungi wilayah ini dapat menikmati pemandangan Danau Toba, serta mengarunginya dengan menaiki perahu yang banyak di tawarkan oleh masyarakat sekitar.

Bakkara
Tipang, Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan – 22457.

Bakkara adalah lembah yang terletak di Kabupaten Humbang Hasundutan. Lembah Bakkara yang masih asri dan alami ini di kenal juga sebagai lokasi sakral serta bersejarah bagi masyarakat Batak Toba. Wisatawan dapat mengunjungi berbagai atraksi bersejarah dan menikmati keindahan alam di destinasi yang memukau ini.

Permandian Aek Sijornih
Jl. Trans Sumatera Bukit Tinggi – Padang Sidempuan, Aek Libung, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan – 22774.

Meskipun bernama pemandian, Aek Sijornih adalah air terjun alami yang bertingkat – tingkat dan memiliki arus serta suhu yang bersahabat. Di tempat ini, wisatawan dari semua usia dapat menikmati kesegaran air serta melepas lelah memandang pemandangan alami menghijau.

Pulau Mursala
Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah – 22618.

Tak habis-habisnya cerita mengenai Pulau Mursala yang indah dan permai ini. Dengan air terjun yang mengalir langsung ke laut, pulau ini menawarkan keindahan perairan dangkal dan pemandangan bawah laut yang indah. Saking istimewa nya pulau ini, Film Hollywood menjadikan pulau ini sebagai lokasi syuting film.

Simanindo
Simanindo, Kabupaten Samosir – 22395.

Simanindo adalah destinasi yang terletak di pulau samosir, di tengah Danau Toba. Dengan dikelilingi keindahan alam yang mempesona serta pemandangan Danau Toba yang luas membentang, terdapat berbagai situs bersejarah serta atraksi khas Masyarakat Batak Toba yang siap menyambut dan menghibur para wisatawan, serta memberikan mereka pengalaman yang tak terlupakan.

Wisata Budaya (Historical Culture)

Istana Muaimun
Jl. Brigjen Katamso No. 66 Medan – 22151.

Sejarah Kota Medan tidak dapat dipisahkan Melayu Deli. Sebagai pusat pemerintahan dan bandar perdagangan pada zaman kesultanan Deli, di kota Medan masih berdirih megah Istana Maimun semenjak berdirinya pada tahun 1891, sebagai istana kesultanan Deli, dan menjadi icon utama Kota medan dengan berkunjung ke Istana Maimun, wisatawan dapat semakin belajar sejarah dan perkembangan kebudayaan melayu dalam membentuk kota medan saat ini.

Mesjid Agung Al Mashun
Jl. Sisingamangaraja, Medan – 22212.

Selain istana Maimun, Masjid Raya Al Mashun adalah maharkaya peningalan kesultanan Deli yang menunjukkan kuatnya agama Islam dalam kehidupan masyrakat Melayu. Dibangun  pada tahun 1990, Masjid sarat sejarah ini turut mempertegas keindahan toleransi  masyarakat medan semenjak zaman kesultanan Deli, mengingat masjid ini dibangun melibatkan Tjong A Fie yang notabene adalah contributor pembangunan masjid ini.

Salib Kasih Siatas Barita
Dolok Siatas Barita, Tarutung, Sosungolon Tapanuli Utara – 22416.

Agama Kristen adalah Agama yang berkembang dengan subur di Sumatera Utara. Lewat karya misionaris dari Dr. Ingwer Ludwig Nommensen, penyebaran injil di tanah Batak telah berhasil mengakar dan menjadi pedoman kehidupan mayoritas Etnis Batak Toba di Sumatera Utara. Jasa beliau dibadikan dalam bentuk Salib Kasih Siatas Barita di Tapanuli Utara. Wisatawan dapat belajar sejarah dan misi penyabaran Agama Kristen dengan mengujungi monument ini. Pada malam hari, monument ini bersinar dengan indahnya dengan lampu yang dipasangkan salib.

Museum Negri Sumatera Utara
Jl. H. M. Joni No. 51,Teladan Barat, Medan – 20217.

Museum Negeri Sumatera Utara dinobatkan sebagai Museum Negeri terbaik di Indonesia, dengan penataan koleksi museum yang baik serta lengkap dalam menangkap  esensi sejarah kehidupan semua etnis yang ada di Sumatera Utara. Guna selalu memenuhi kebutuhan masyarakat. Museum ini terus melakukan perbaikan dan renovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Makam Papan Tinggi
Desa  Penanggahan, Kecamatan Barus Induk, Kabupaten Tapanuli Tengah – 22564.

Masuknya Islam ke Nusantara diyakini berawal dari Kabupaten Sumatera Utara. Kota Barus diyakini  oleh para ahli adalah “titik nol” masuknya Agama islam ke seluruh Indonesia. Di kota Barus ini terdapat kompleks Makam Papan Tinggi yang diperkirakan berasal dari abad ke-15, dengan pola dan bentuk batu nisan yang masih asli terawat sesuai dengan keadaan pada masa itu.

Rumah Pengasingan Bung Karno
Jl. Istana No. 5 Kecamatan Girsang, Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun – 211174.

Daerah Parapat adalah daerah di pingiran Danau Toba yang pernah menjadi saksi sejarah kemerdekaan Indonesia. Dikawasan ini Bung Karno sebagai Preseiden RI pertama pernah diasingkan oleh pihak penjajah Belanda rumah pengasingan beliau sampai sekarang masih terawat dengan baik dan dapat menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain di Prapat, sang proklamator juga pernah diasingkan di daerah Berastagi pada masa Agresi Militer Belanda.

Hombo Batu
Desa Bawomataluo – Hilisimaetono – Hilinawolo Mazingo, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan – 22865.

Salah satu tradisi paling unik dan menarik di saksikan di nias adalah tradisi Lompat Batu atau Hombo Batu. Pada awal nya, tradisi ini di laksanakan untuk mempersiapkan keterampilan berperang bagi para pemuda Nias. Saat ini, wisatawan dapat menyaksikan tradisi ini di desa Bawomataluo – Hilisimaetono – Hilinawo Mazingo di Nias Selatan. Para pemuda melompati batu setinggi 2 meter tanpa menyentuhnya, serta terdapat berbagai atraksi tradisional Nias lainnya. Di desa ini, terdapat pula berbagai Rumah Adat Nias dengan bentuk bulat dari Nias Barat, dan Limas dari Nias Selatan.

Rahmat Internasional Wildlife Museum and Gallery
Jl. Letjen S. Parman No. 309, Medan Baru – 20153.

Museum yang didirikan oleh Rahmat Shah ini adalah harta Sumatera Utara yang tak dapat ditemukan perbandingannya di Negara lainnya di Asia. Museum Satwa ini adalah museum dengan lokasi diorama satwa terlengkap dan terbaik di Asia. Dengan jumlah 2000 satwa yang menyerupai bentuk aslinya, museum ini adalah destinasi yang sangat tepat sebagai sarana edukasi dan hiburan para wisatawan.

Istana Niat Lima Laras
Dusun 1, Desa Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara – 21253.

Peninggalan Kesultanan Melayu di Sumatera Utara tidak hanya terbatas di kota Medan dan sekitarnya saja. Di Kabupaten Batubara, terdapat Istana Lima Laras yang adalah merupakan peninggalan Kesultanan Melayu Pesisir Lima Laras. Di istana ini, masih terdapat berbagai pusaka peninggalan Kesultanan Lima Laras yang dapat dilihat dan dinikmati oleh para wisatawan.

Desa Adat Dokan
Merek, Kabupaten Karo – 22172.

Masyarakat Karo adalah salah satu etnis yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dengan cara hidup dan budaya yang unik. Pada desa adat Dokan, gaya hidup ini masih terekam dan di lestarikan dengan sangat baik dan alami. Semenjak zaman dahulu kala. Di desa ini juga, masih terdapat rumah adat masyarakat Karo yang masih asli dan di pergunakan masyarakat sebagai tempat tinggal.

Candi Bahal Portibi
Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Portibi, Kabupaten Padang Lawas – 22755.

Terletak di wilayah Kabupaten Padang Lawas, Candi Bahal berdiri dengan kokoh sebagai bukti keagungan sejarah masyarakat Sumatera Utara. Candi ini mendapatkan pengaruh agama Budha yang kuat dan terletak di dalam kompleks arkeologi yang memiliki banyak peninggalan sejarah lainnya.

Museum TB Silalahi Center
Jl. DR. TB. Silalahi No. 88, Silalahi Pagar Batu Balige, Kabupaten Toba Samosir – 22312.

Museum TB. Silalahi adalah tempat paling lengkap mempelajari kebudayaan dan sejarah masyarakat Batak Toba di Sumatera Utara. Museum dengan fasilitas dan koneksi lengkap ini dibangun atas prakarsa Tokoh Nasional Indonesia asli Batak TB. Silalahi, dengan tujuan melestarikan kebudayaan Batak Toba.