Sumut Juara II Cabang Hifzil 5 Juz Putri

MEDAN- Peserta asal Sumatera Utara, Fathmah Muthiah, menjadi juara kedua Cabang Hifzil Quran 5 Juz dan Tilawah kategori putri, dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII Tahun 2018. 

Fathmah memperoleh penilaian 97,83 dibawah peserta asal Kepulauan Riau, Zulaikha dengan nilai 98,83. Sementara itu di posisi ketiga diraih peserta asal Provinsi Jawa Timur, Hikmatul Fajriyah dengan nilai 97,66. 

Untuk kategori putra, peserta Provinsi DKI Jakarta kembali mendominasi juara I, atas nama Iskandar dengan nilai nyaris sempurna 99,25. Disusul peserta asal Nangroe Aceh Darussalam, Arsy Yallah dengan nilai 97,41 dan Farhan Muhammadi asal Provinsi Banten dengan nilai 95,83.

Penilaian pada cabang ini diketahui berdasarkan rekapitulasi nilai babak final yang sudah ditetapkan sekaligus ditandatangani Ketua Majelis Hakim, Hj Maria Ulfah dan Sekretaris Thohirun. “Hasil ini juga sudah bisa diakses melalui website www.musabaqah.id,” kata panitia dari Kementerian Agama di venue Istana Maimun, Kamis (11/10).

Sementara itu sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Cabang Hifzil 1 Juz dan 5 Juz dan Tilawah MTQN XVII, Maria Ulfah, mengakui bahwa seluruh peserta terutama enam finalis di masing-masing cabang memiliki kualitas sangat baik. Menurutnya, persaingan pada MTQN kali ini amat sengit melihat peningkatan yang ditunjukkan seluruh finalis. 

“Semua merupakan peserta yang sangat bagus, baik dari segi bacaan, tajwid, irama hingga hafalan surat dan ayat. Yang membedakan hanya kesalahan-kesalahan kecil saja di saat membawakan surat,” katanya.

Ia juga mengakui bahwa MTQN tahun ini banyak memperlihatkan sisi positif dari sisi kualitas peserta yang tampil, serta menjadi perwakilan masing-masing provinsi se-Indonesia.  “Setiap tahun memang kita lihat ada mengalami perkembangan ya. Mulai dari sisi bacaan, murattal sampai hafalan yang telah mereka perlihatkan,” katanya.

 

(Media Center MTQN 2018)

Leave a Reply